Artikel Manggis

oleh

2017-09-05 08:55:00   |  Dibaca 82 kali

Manggis Made in Indonesia Laris di China Hingga Selandia Baru

Zulfi Suhendra

 



Jakarta - Pemerintah mengklaim permintaan buah manggis asal Indonesia di luar negeri semakin meningkat. Bahkan, saat ini pasokan buah ini tak mampu memenuhi kebutuhan ekspor di berbagai negara.

Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Deddy Saleh saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan M Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Rabu (10/10/12).

"Ada permintaan manggis dari negara lain, kita tidak mampu memenuhi, artinya ada produksi yang perlu digenjot," ungkap Deddy.

Ia menyebutkan, beberapa negara pelanggan manggis dari Indonesia adalah negara-negara Asia timur seperti China, Korea, dan Jepang."Australia juga sudah noleh setelah 6 tahun dilarang, dan New Zealand (Selandia Baru) juga sedang proses," katanya.

Deddy menambahkan, neraca perdagangan untuk ekspor-impor produk holtikultura Indonesia masih mengalami defisit. Artinya, produksi dalam negeri harus lebih ditingkatkan ekspornya.

"Masih defisit lah kan bedanya banyak sekali dari US$ 1,2 miliar dibanding US$ 400 juta. Nggak mungkin berkurang drastis," tutupnya.

 oleh Izzul Muslimin